Jalan Kesehatan, Peluang Baru Kerja Sama Tiongkok-Afrika
Elshinta
Rabu, 01 Desember 2021 - 11:51 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
Jalan Kesehatan, Peluang Baru Kerja Sama Tiongkok-Afrika
CRI - Jalan Kesehatan, Peluang Baru Kerja Sama Tiongkok-Afrika

Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika diadakan di Dakar, Ibukota Senegal pada tanggal 29 dan 30 November. Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri upacara pembukaan secara virtual di Bejing dan memberi pidato. Ia menunjukkan, Tiongkok dan Afrika telah menjadi teladan baik dalam membangun hubungan internasional tipe baru, ia yakin pertemuan forum kali ini akan mendorong pembangunan komunitas senasib sepenanggungan Tiongkok-Afrika yang berlevel tinggi.

Menghadapi dampak negatif pandemi Covid-19, Xi Jinping dalam pidatonya menekankan, Tiongkok dan Afrika hendaknya bersolidaritas dalam menanggulangi wabah. Kesehatan akan menjadi peluang baru perkembangan kerja sama Tiongkok-Afrika.
Tahun-tahun belakangan ini, dalam kerangka Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika, kerja sama kesehatan Tiongkok-Afrika dicantumkan ke  dalam “10 Rencana Kerja Sama” dan “8 Aksi Nyata”, dan memasuki “jalur cepat” pembangunan. Pandemi Covid-19 yang terjadi mendadak itu membawa ujian besar kepada manusia, dan juga sekali lagi membuktikan pentingnya pembentukan komunitas kesehatan Tiongkok-Afrika.
Di depan Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika, Xi Jinping menyatakan, Tiongkok dan Afrika hendaknya terus bersolidaritas untuk menanggulangi wabah, dengan sesungguhnya menjamin aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di Afrika demi menghapuskan kesenjangan imunitas. Ia mengumumkan, untuk mewujudkan target vaksinasi 60 persen populasi Afrika pada tahun 2022, Tiongkok akan menyediakan lagi 1 miliar dosis vaksin kepada Afrika, 600 juta di antaranya adalah bantuan gratis, dan 400 juta dosis lainnya disediakan melalui jalur produksi bersama perusahaan Tiongkok dengan negara-negara Afrika. Kini, lini produksi vaksin Tiongkok di tiga negara Afrika yaitu Aljazair, Mesir dan Maroko sedang sibuk memproduksi, di tambah lagi vaksin buatan Tiongkok diantar ke Afrika melalui rencana kerja sama bilateral dan multilateral termasuk COVAX, semua tindakan itu akan membantu rakyat Afrika untuk meningkatkan imunitas.
Presiden Xi Jinping menyatakan pula, Tiongkok akan melaksanakan 10 program bantuan medis kepada negara-negara Afrika, dan mengirim 1500 tenaga medis dan ahli kesehatan publik ke Afrika.
Membantu Afrika membangun sistem kesehatan masyarakat yang tangguh sesuai dengan target yang diajukan Agenda PBB 2023 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) mengenai “menjamin kehidupan sehat dan mendorong kesejahteraan semua orang pada semua umur”, serta target pembangunan yang ditetapkan dalam Agenda Tahun 2063 Uni Afrika (UA) untuk menghilangkan penyakit tropis, mengendalikan penyakit menular secara menyeluruh dan meningkatkan usia harapan, dan pasti akan menjadi titik berat kerja sama Tiongkok-Afrika di bidang kesehatan. Kedua pihak akan bertolak dari Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika melakukan lebih banyak upaya demi membangun komunitas kesehatan Tiongkok-Afrika.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Olimpiade Musim Dingin, Beijing Sudah Siap
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:33 WIB
 Sepuluh hari lagi, Beijing akan kembali menarik perhatian seluruh dunia. Olimpiade Musi...
Xi Jinping: Tiongkok Bersedia Bersama Asia Tengah Bangun Komunitas Senasib Sepenanggungan yang Lebih Erat
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:33 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping memimpin KTT Virtual Peringatan Genap 30 Tahun Penggalangan Hubungan Di...
Xi Jinping Instruksikan Peningkatan Pencapaian Puncak Karbon dan Netral Karbon
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Politbiro Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT) memimpin sidang studi kolektif ke-36 terkait ...
Para Pemimpin Lima Negara Asia Tengah Nantikan Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping memimpin KTT Virtual Peringatan Genap 30 Tahun Terjalinnya Hubungan Dip...
Xi Jinping Temui Ketua IOC Thomas Bach
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas...
Xi Jinping: Dibandingkan dengan Medali, Saya Lebih Mempedulikan Motivasi dan Vitalitas yang Didatangkan Olimpiade Musim Dingin kepada Tiongkok
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas...
Saling Menghormati, Rukun Bersahabat, Senasib Sepenanggungan, Saling Menguntungkan dan Menang Bersama Adalah Rahasia Kesuksesan Kerja Sama antara Tiongkok dengan 5 Negara Asia Tengah
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping memimpin KTT Virtual Peringatan 30 Tahun Penjalinan Hubungan Diplomatik...
Gala Tahun Baru Imlek 2022 Gelar Gladi Bersih Ketiga
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Gala Tahun Baru Imlek 2022 yang diselenggarakan oleh China Media Group (CMG) menggelar gladi bersihn...
Skeleton
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
 Skeleton pernah dua kali dicabut dalam cabang olahraga Olimpiade Musim Dingin karena pe...
Xi Jinping Pimpin KTT Virtual Peringatan Genap 30 Tahun Terjalinnya Hubungan Diplomatik Tiongkok dengan Lima Negara Asia Tengah
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:31 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping hari Selasa sore (25/1) memimpin KTT virtual Peringatan Genap 30 Tahun ...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI