Aksi Riil Tiongkok dalam Kerja Sama Internasional Vaksin
Elshinta
Kamis, 05 Agustus 2021 - 09:11 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
Aksi Riil Tiongkok dalam Kerja Sama Internasional Vaksin
CRI - Aksi Riil Tiongkok dalam Kerja Sama Internasional Vaksin

Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi akan memimpin Konferensi Pertama Forum Internasional Kerja Sama Vaksin Covid-19 secara virtual pada tanggal 5 Agustus mendatang, konferensi mengangkat tema “Meningkatkan Kerja Sama Internasional Vaksin, Mendorong Pembagian Vaksin secara Adil dan Rasional di Dunia”. Konferensi dihadiri sekitar 30 peserta termasuk menlu atau menteri penanggung jawab, wakil-wakil dari organisasi internasional dan perusahaan terkait

Pada bulan Mei lalu, Presiden Xi Jinping dalam KTT Kesehatan Global mengumumkan lima tindakan yang akan diambil Tiongkok untuk mendukung penanggulangan wabah di dunia, termasuk inisiatif pembangunan forum internasional kerja sama vaksin covid-19, membahas bagaimana mendorong pembagian vaksin secara adil dan rasional di seluruh dunia. Penggelaran forum kali ini bertujuan menuntaskan semangat pidato Presiden Xi, lebih lanjut mendorong kerja sama internasional dan keadilan vaksin di dunia, serta mendorong berbagai negara bersama melawan wabah.

Sebagai negara berkembang yang terbesar dan salah satu anggota yang bertanggung jawab dalam komunitas internasional, Tiongkok selalu berpegang teguh pada ide komunitas kesehatan manusia, menuntaskan hakikat produk publik global vaksin terlebih dulu, dan dengan aksi riil memberikan kontribusi Tiongkok demi mewujudkan aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di negara-negara berkembang, serta meningkatkan daya produksi vaksin di negara-negara berkembang.

Negara Penerima Sumbangan: Aksi Tiongkok Tepat Waktu

Belakangan ini, berbagai negara mendapat vaksin bantuan dan sumbangan dari Tiongkok.

Pada tanggal 1 Agustus, vaksin Covid-19 yang disumbangkan secara gratis oleh pemerintah Tiongkok tiba di Phnom Penh. Ini merupakan sumbangan kelima vaksin Covid-19 dari Tiongkok kepada Kamboja.

Pada 31 Juli lalu, upacara serah-terima vaksin dari pemerintah Tiongkok diadakan di Uganda. Pihak pengangkut vaksin adalah UNICEF.

Menteri Kesehatan Uganda Jane Ruth Aceng menyatakan, sejak wabah virus corona merebak, Tiongkok terlebih dulu memberikan bantuan, pemerintah Tiongkok telah beberapa kali memberikan bantuan penanggulangan wabah kepada Uganda, dan memainkan peranan krusial dalam penanggulangan wabah di Uganda. Uganda menyatakan terima kasih yang sebanyaknya atas hal tersebut.

Perwakilan UNICEF dari Uganda, Safirdin menyatakan, sejak wabah merebak, Tiongkok terlebih dulu mengendalikan wabah di dalam negerinya, kemudian setelah sukses melitbang vaksin, dengan tepat waktu memberikan bantuan vaksin kepada negara-negara di dunia melalui jalur bilateral dan multilateral, termasuk memberikan bantuan vaksin kepada Covax dan negara-negara berkembang, khususnya negara Afrika termasuk Uganda, memainkan peranan krusial demi pengendalian wabah di dunia. Organisasi-organisasi internasional akan bersama dengan Tiongkok melawan wabah agar dapat segera mencapai kemenangan dalam melawan wabah.

Pada 29 Juli lalu, vaksin gelombang kedua bantuan Palang Merah Tiongkok kepada Suriah tiba di Damaskus, ibu kota Suriah. Menteri Kesehatan Suriah Hasan al-Ghabbash yang menghadiri upacara serah-terima mengucapkan terima kasih kepada Tiongkok yang memberikan sumbangan kepada Suriah untuk perlawanan wabah.

Saat Covid-19 merajelela di dunia, pemerintah dan rakyat Tiongkok secara tepat waktu memberikan bantuan, Suriah mengucapkan terima kasih atas hal ini. Vaksin Tiongkok tidak saja mendapat sertifikasi dari WHO, efeknya pun telah terbukti di Tiongkok dan negara-negara yang mendapat vaksin Tiongkok.

Jumlah Ekspor Vaksin Buatan Tiongkok 227 Persen dari Jumlah Ekspor Vaksin Eropa, 84 Kali Lipat dari Jumlah Ekspor Vaksin AS

Forum Asia Boao merilis “Laporan Prospek Penggunaan Vaksin Covid-19 Global” di Beijing pada 29 Juli lalu. Laporan menunjukkan, sumbangan vaksin yang diberikan Tiongkok kepada negara-negara berkembang merupakan yang terbesar, jumlah vaksin bantuan dan sumbangan melebihi jumlah total vaksin yang diberikan oleh negara-negara lain. Hingga saat ini, Tiongkok telah menyumbang vaksin sebanyak 26 juta dosis, menyediakan vaksin dan bahan baku vaksin sebanyak 500 juta dosis kepada lebih dari 100 negara dan organisasi internasional, sama dengan seperenam dari jumlah total produksi vaksin di seluruh dunia. Jumlah ekspor vaksin Tiongkok merupakan 227 persen dari jumlah ekspor vaksin Eropa, dan 84 kali lipat dari jumlah ekspor vaksin AS.

WTO: Pemulihan Menyeluruh Perdagangan Global Bergantung pada Pendistribusian Setara Vaksin

Dirjen WTO Ngozi Okonjo-Iweala menyatakan, pandemi Covid-19 mengakibatkan kemerosotan ekonomi yang terparah sejak tahun 1930-an. Dia menyatakan, pemulihan pariwisata lintas batas negara dan perdagangan global bergantung pada dapat tidaknya seluruh dunia memperoleh vaksin Covid-19 secara cepat dan setara.

Laporan Visi Penggunaan Vaksin Covid-19 Global yang diumumkan Forum Asia Bo’ao menekankan, dalam lingkup global, seberapa lama lagi pandemi Covid-19 akan berlangsung, kemungkinan besar tergantung pada penelitian vaksin dan peningkatan saling pengakuan vaksin di dunia. Inilah pekerjaan utama kerja sama internasional. Negara yang memiliki teknologi pengobatan relatif maju, dan tingkat vaksinasi dalam negerinya relatif tinggi, hendaknya mengemban tanggung jawab terkait, sekuat tenaga membantu masyarakat internasional khususnya negara berkembang.

Kerja Sama Vaksin Sama Berlomba dengan Virus

Tanggal 29 Juli, Kementerian Luar Negeri Tiongkok dan 4 produksen vaksin antara lain Sinopharm, Sinovac, Cansino, Zhifei Longcom, bersama-sama membuka dialog kerja sama vaksin Covid-19, dengan dihadiri lebih dari 30 produksen vaksin dari 20 negara di dunia. Perusahaan vaksin Tiongkok mencapai MoU kerja sama baru dengan berbagai pihak.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian memperkenalkan, berbagai pihak telah membahas perdagangan dan produksi bersama vaksin Covid-19, dan menyatakan akan menjalin kemitraan kerja sama internasional vaksin, memperluas penyuplaian vaksin, dan mendukung kebijakan vaksinasi pemerintah berbagai negara, dan memberikan kontribusi lebih besar demi kerja sama internasional penanggulangan pandemi global. Perusahaan vaksin Tiongkok telah menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan para peserta dialog, dan telah menyediakan lebih dari 500 juta vaksin jadi dan larutan stok, serta melakukan produksi bersama dengan banyak perusahaan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gala Festival Bulan Purnama CMG Pertama Kali Disiarkan Langsung di Dalam dan Luar Negeri
Selasa, 21 September 2021 - 07:34 WIB
Malam Gembira atau Gala Festival Bulan Paripurna China Media Group (CMG) 2021 akan digelar pada 21 S...
Kemenlu: Tiongkok Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Mantan Presiden Aljazair Boutefilka
Selasa, 21 September 2021 - 07:33 WIB
XINHUA: Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada hari Minggu kemarin (19/9) mengatakan b...
Lebih Dari 1 Miliar Warga Tiongkok Tervaksinasi Lengkap
Selasa, 21 September 2021 - 07:33 WIB
XINHUA: Dikabarkan dari Kantor Pencegahan dan Pengendalian Wabah Koalisi Dewan Negara Tiongkok, terh...
“ISIS” Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan di Ibukota Provinsi Nangarhar
Selasa, 21 September 2021 - 07:32 WIB
Pada hari Minggu malam (19/9) waktu setempat, “ISIS-Khorasan”, mengumumkan bertanggung j...
Direktur CMG Kirim Salam Perayaan Hari Tiongciu Kepada Tokoh-tokoh Sahabat Dalam dan Luar Negeri
Selasa, 21 September 2021 - 07:31 WIB
CMG: Menjelang perayaan hari raya tradisional Tiongciu, Direktur China Media Group (CMG) Shen Haixio...
Presiden Tiongkok Akan Hadiri Debat Umum SMUPBB Ke-76
Selasa, 21 September 2021 - 07:31 WIB
 Presiden Tiongkok Xi Jinping akan menghadiri Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB Ke-76 dan meny...
Xi Jinping Berikan Ucapan Selamat Kepada Presiden Nepal Atas Perayaan Hari Nasional Nepal
Selasa, 21 September 2021 - 07:31 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping hari ini (20/9) memberikan ucapan selamat kepada Presiden Nepal Bidhya ...
Hasil Pemilihan Panitia Pemilihan Hong Kong Diumumkan
Selasa, 21 September 2021 - 07:31 WIB
Hasil pemilihan normal Panitia Pilihan Hong Kong 2021 diungkapkan pagi tadi hari ini (20/9), sebanya...
Pesawat Antariksa Kargo “Tianzhou-3” Diluncurkan ke Angkasa
Selasa, 21 September 2021 - 07:30 WIB
Dikabarkan Kantor Proyek Penerbangan Antariksa Berawak Tiongkok, pukul 15.10 hari ini (20/9) waktu B...
Jubir Kemenlu Tiongkok Tanggapi Hasil Pemilu Duma Negara Rusia
Selasa, 21 September 2021 - 07:30 WIB
Menurut informasi dari situs web Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada hari ini (20/9), Juru Bicara ...
Live Streaming Radio Network