Kiri Kanan
Ekspos
Ferrari 488 Pista yang Pertama Hadir di Indonesia
Elshinta
Sabtu, 11 Mei 2019 - 12:53 WIB | Penulis : Administrator
Ferrari 488 Pista yang Pertama Hadir di Indonesia

Ferrari Jakarta menghadirkan unit pertama Ferrari 488 Pista di Indonesia beserta rangkaian produk terkini  Ferrari antara lain Ferrari Portofino, 488 GTB, 488 Spider, GTC4 Lusso dan 812 Superfast, bersamaan dengan acara silahturahmi buka puasa bersama media dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Acara tersebut dihadiri oleh Indraguna Sutowo, Pemilik Dealer & CEO Ferrari Jakarta. Beliau mengatakan, “Ferrari 488 Pista adalah sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Pada hari ini, Ferrari Jakarta dapat berbagi momen spesial dengan rekan-rekan jurnalis untuk menyaksikan penampilan perdana dari salah satu lansiran produk Maranello yang kini hadir di tanah air.”
 
Ferrari 488 Pista, merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8 - 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale - yang banyak mendapat pujian dalam hal performa dan handling yang luar biasa.
 
Ferrari 488 Pista menandai sebuah langkah maju yang signifikan dari seri spesial sebelumnya baik dalam segi dinamika sporty maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari ajang balapan. Namanya merupakan penghormatan secara langsung terhadap kiprah Ferrari dalam motorsport yang tak tertandingi.
 
Pengembangan mobil ini, berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship - dimana Ferrari telah memenangkan lima gelar Manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri, menjuarai 29 dari 50 seri balapan - dan 25 tahun pengalaman dalam menjalankan Ferrari Challenge one-make series.
 
Pemangkasan berat pada Ferrari 488 Pista, bersama dengan pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan merupakan inspirasi dari mobil balap Ferrari: 488 GTE dan 488 Challenge. Hasilnya adalah sebuah mobil dengan misi tanpa kompromi: yang menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit, bahkan saat dikendarai oleh seorang pengendara non-professional.
 
Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg (1280 kg bobot kering), jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 hp), maka akan menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.
 
Mesinnya adalah V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dan merupakan evolusi ekstrim dalam hal unit turbonya yang telah memenangkan penghargaan International Engine of the Year pada tahun 2016 dan 2017.
 
Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpotInconel serta poros engkol dan flywheel yang ringan, selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.
 
Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensor rev terpadu serta disain saluran air intake yang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang untuk memastikan aliran udara yang lebih bersih.
 
Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respon turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.
 
Suara mesinnya unik dan khas Ferrari, jaminan sebuah mobil spesial. Kualitas suara dan intensitasnya lebih tinggi dari 488 GTB di semua tingkat perpidahan gigi dan pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif.
 
Ferrari 488 Pista memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalam motor-sport untuk performa aerodinamis yang maksimal bahkan di jalan raya. Di antara solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkan downforce.

Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah didesain ulang, dan diffuser belakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional. Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang serta bentuknya lebih optimal. Hasil akhir dari semua intervensi ini adalah kenaikan yang mengesankan dalam hal downforce sebesar 20%.
 
Dinamika kendaraan telah dirancang untuk meningkatkan kesenangan berkendara, dan menghadirkan seluruh potensi yang dimiliki, tersedia bagi semua pengendara, baik pengendara profesional maupun lainnya. Tujuannya agar performa tertinggi dapat dengan mudah dicapai dan dikendalikan.
 
Hal ini dicapai dengan sinergi antara pengembangan sisi mekanis dan kontrol dinamis elektronik yang diintegrasikan ke dalam sistem Side-Slip Angle Control versi 6. SSC 6.0 menggabungkan semua sistem berikut ini: E-Diff3, F1-Trac, suspensi Magnetorheological (SCM) dan, untuk pertama kalinya, Ferrari Dynamic Enhancer. FDE memiliki fitur-fitur pertama di dunia, seperti: menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.
 
Tambahan tingkat pengendalian ini lebih menyempurnakan kinerja 488 Pista dalam melewati tikungan dan membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah, intuitif dan mudah ditebak. Keyakinan ekstra yang dihadirkan sistem ini berarti bahwa pengemudi dapat mengatasi tikungan tajam dengan lebih mudah, bahkan pada batas kemampuan mobil, sehingga pengemudi dapat menyatu sepenuhnya dengan mobil dan menghadirkan kombinasi performa ekstrem dan pengalaman berkendara yang sensasional. 
 
Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus untuk 488 Pista oleh Michelin.
 
Desain 488 Pista difokuskan pada konsep aerodinamis fungsional, sementara kokpit dirombak ulang sesuai dengan tema sporty. Desain Ferrari menggunakan elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan, untuk memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengambang. 
 
Skema warna-warna balap merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan. Sisi yang kontras pada elemen aerodinamis seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.
 
Konsep bagian depan juga tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.
 
Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrem ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon baru berukuran 20 inci, sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

  

***
   
Ferrari 488 Pista
Spesifikasi Tehknik

  
MESIN
Tipe                                       V8 - 90° twin turbo
Ukuran Mesin                      3902 cc
Daya Maksimum *               530 kW (720 cv) at 8000 rpm
Torsi Maksimum *                770 Nm at 3000 rpm
 
DIMENSI DAN BERAT
Panjang                                  4605 mm
Lebar                                      1975 mm
Tinggi                                     1206 mm
Bobot Kering**                        1280 kg
 
PERFORMA
0-100 km/h                              2.85 s
0 -200 km/h                             7.6 s
Kecepatan Maksimum            > 340 km/h
 
KONSUMSI BBM/CO2 EMISI
Dibawah Homologasi
 
* Dengan BBM oktan 98
**Dengan opsi komponen yang ringan
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Allianz dan Gojek perluas manfaat asuransi GoRide 
Selasa, 12 November 2019 - 17:29 WIB
Allianz Indonesia hari ini mengumumkan perluasan kerja sama strategis dengan Gojek dan PasarPolis da...
Loko Coffee Shop resmi dibuka di Kota Cirebon
Minggu, 10 November 2019 - 19:06 WIB
PT Reska Multi Usaha kembali membuka Loko Coffee Shop di Cirebon. Setelah sebelumnya Loko Coffee Sho...
Yogurtland tawarkan 200 rasa terbaik yogurt berkualitas tinggi
Minggu, 10 November 2019 - 14:16 WIB
Telah hadir di Indonesia, Yogurtland, sebuah dessert yogurt yang dikemas lebih dari 200 varian rasa....
Crystal Aesthetic Clinic perkenalkan treatment Crystal Lift
Sabtu, 09 November 2019 - 13:46 WIB
Crystal Aesthetic Clinic memperkenalkan treatment terbaru bernama Crystal Lift. Acara launching Crys...
Pesta tahunan Rakyat Nusa Tenggara Timur 2019 bakal digelar
Jumat, 08 November 2019 - 13:44 WIB
NTT (Nusa Tenggara Timur) adalah sebuah propinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan pulalau Sund...
Pembangunan fasilitas di Royal Resort Residences Palembang rampung 90%
Jumat, 01 November 2019 - 13:06 WIB
Pembangunan fasilitas perumahan di Royal Resort Residences Palembang, Sumatera Selatan sudah mencap...
Omni Hospitals turut sukseskan Electric Jakarta Marathon 2019  
Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:44 WIB
Omni Hospitals Group turut menyukseskan acara Electric Jakarta Marathon 2019 yang telah diselenggara...
Ajang pencarian bakat lagu mandarin Shei Shi Ge Shou
Selasa, 29 Oktober 2019 - 19:31 WIB
Seorang artis barulah dikatakan sukses di industri hiburan, jika sudah memiliki karya dan prestasi y...
Melindungi gadget si `senjata` milenial
Minggu, 27 Oktober 2019 - 23:15 WIB
Indonesia mengenang Oktober sebagai Bulan Sumpah Pemuda. Ikrar 91 tahun lalu itu menunjukkan semanga...
Cara kreatif pacu inklusi keuangan
Jumat, 25 Oktober 2019 - 19:41 WIB
Indonesia membutuhkan cara kreatif untuk meningkatkan inklusi keuangan yang rendah. Pemanfaatan bank...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)