Ekspos
Hakordia, budaya keterbukaan informasi publik benteng pencegahan korupsi
Elshinta
Kamis, 09 Desember 2021 - 08:51 | Editor :
Hakordia, budaya keterbukaan informasi publik benteng pencegahan korupsi

Hakordia juga disebut hari anti korupsi sedunia diperingati setiap 9 Desember, momentum hari anti korupsi International atau International Anti-Corruption Day. Sejarah hakordia international di mana sidang umum menyetujui konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melawan korupsi (United Nationas Convention Againts Corruption-UNICAC).

Melalui resolusi 58/4 majelis PBB kemudian menetapkan 9 Desember sebagai hari anti korupsi sedunia, meski konvensi tersebut dimulai pada 31 Oktober 2003, akan tetapi diberlakukan Desember. 

Tentu momentum ini, tidak lepas dari peran keterbukaan informasi publik sebagai bagian pencegahan korupsi. Pencegahan di hulu menindak kecurangan di instansi pemerintah, terutama pemberantasan korupsi memerlukan upaya serius dari semua pihak.

Pemberantasan korupsi di negeri ini tidak cukup hanya dilakukan di muara persolan. Yang utama adalah tindakan preventif. Keterbukaan informasi publik dapat ditempuh sebagai salah satu cara mencegah korupsi yang semakin mencengkeram. 

Pencegahan tindak kecurangan jauh lebih efektif dari segi biaya, waktu dan tenaga yang lebih sedikit dibandingkan penindakan. Hasil yang dicapai dari kegiatan pencegahan lebih optimal dibanding kegiatan penindakan. Perlunya keseriusan seluruh pihak berupaya menggalakkan budaya pencegahan melalui keterbukaan informasi publik. 

Hakordia merupakan momentum kesadaran bersama transparansi badan publik jika semakin terbuka dengan menjalankan UU 14/2008 niscaya akan terhindar dari potensi korupsi dan menekan angka korupsi di Indonesia.

Data dihimpun Badan Pusat Statistik, Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia 2021 sebesar 3,88 pada skala 0 sampai 5. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian 2020 sebesar 3,84. Nilai indeks semakin mendekati 5 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin anti korupsi, sebaliknya nilai indeks yang semakin mendekati 0 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin permisif terhadap korupsi.

Di level ASEAN, Indonesia di peringkat lima berada di bawah singapura, Transparency International Indonesia(TII) mengungkapkan indeks persepsi korupsi(IPK) Indonedia Tahun 2020 berada di skor 37. 

Lebih lanjut, Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta mengatakan perlunya menggalakkan budaya cegah korupsi melalui keterbukaan informasi publik yang dapat dilakukan seluruh elemen bangsa. 

Pertama, Peningkatan kapasitas SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap Badan Publik diperkuat dengan anggaran yang memadai serta memanfaatkan teknologi digital untuk tata kelola data yang terpadu dan berkualitas.

Kedua, membangun persepsi yang sama membudayakan keterbukaan informasi sebagai acuan keberhasilan badan publik jalankan tranparasi informasi mulai dari level pimpinan sampai pelaksana.

Ketiga, kolaborasi dan sinergi bangun “Jakarta Kita melalui peningkatan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan hak atas informasi dengan memperluas keterlibatan peran aktif dalam proses perumusan kebijakan publik dari tingkat RT/RW sampai dengan Provinsi”. 

Partisipasi masyarakat perlu didorong dan terus diadvokasi agar menggunakan haknya mendapatkan informasi secara proporsional dengan tujuan yang jelas. Sebaliknya Badan Publik meningkatkan komitmen dan dituntut kesungguhan, kepatuhan mewujudkan tranparansi dan akuntabilitas.  

Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta sebagai lembaga independen yang bertugas mengawal pelaksanaan keterbukaan informasi publik di level Provinsi, memiliki tanggung jawab besar terutama DKI Jakarta sebagai baromoter tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi. Melalui KIP, instrument utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan transparan. Mari cegah korupsi melalui keterbukaan informasi publik. (R)
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pertama kali di Indonesia, Madurasa luncurkan Kemasan Botol Terbalik 
Kamis, 13 Januari 2022 - 09:37 WIB
Menandai peluncuran kemasan baru, berbagai sesi edukatif digelar bagi para ibu dan keluarga dalam r...
Seberapa terjangkau harga tanah di Bintaro, Jakarta Selatan? Masih aman untuk Milenial, kok!
Jumat, 07 Januari 2022 - 13:39 WIB
(Wajib baca buat kamu yang mengincar properti di perumahan baru di Bintaro) Jatuh cinta pada pand...
Ralali.com tingkatkan kesejahteraan UMKM Indonesia lewat sinergitas dan digitalisasi optimal
Rabu, 05 Januari 2022 - 13:26 WIB
Berdiri sejak 2013 lalu, di setiap tahunnya Ralali.com terus berinovasi berikan solusi berbisnis mel...
Refleksi 2021, dua indikator capaian kelembagaan KI DKI diukir lebih baik tahun 2022
Sabtu, 01 Januari 2022 - 09:21 WIB
Memasuki akhir tahun 2021, momentum yang tepat bagi Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta untuk merefles...
Tutup tahun, Reddog berbagi kasih dengan anak yatim
Jumat, 31 Desember 2021 - 12:57 WIB
Elshinta.com - Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun Reddog berhasil membuka 40 cabang dimasa pande...
Optimalkan potensi porang Indonesia, FITMEE diakuisisi
Rabu, 29 Desember 2021 - 12:33 WIB
Komoditas industri porang dinilai memiliki potensi pengembangan yang besar. Presiden Joko Widodo men...
2022, Gunung Raja Paksi optimistis tingkatkan kinerja
Selasa, 28 Desember 2021 - 12:21 WIB
PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) optimistis, kinerja perusahaan akan meningkat pada 2022. Untuk itu, e...
Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta
Kamis, 23 Desember 2021 - 18:23 WIB
Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta (KI DKI Jakarta) menyelenggarakan Anugerah Keterbukaan Inform...
Momentum Hari Ibu, 200 hadiah dibagikan untuk Lady Jek
Kamis, 23 Desember 2021 - 17:32 WIB
Ada banyak cara merayakan Hari Ibu yang diperingati tiap tanggal 22 Desember. Namun cara yang dilaku...
Mandi air hangat lebih aman dan hemat dengan Water Heater
Selasa, 21 Desember 2021 - 14:25 WIB
Jakarta - Kini water heater menjadi salah satu perabot elektronik di rumah yang kini menjadi penting...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI