Ekspos
Peringati HUT ke-10, Yayasan Hayandra Peduli perluas penanganan medis
Elshinta
Sabtu, 14 September 2019 - 12:50 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan
Peringati HUT ke-10, Yayasan Hayandra Peduli perluas penanganan medis
Peringati HUT ke-10, Yayasan Hayandra Peduli perluas penanganan medis. Foto: Bayu Istiqlal/elshunta.com.
Yayasan Hayandra Peduli sebagai salah satu yayasan yang fokus dalam membantu masyarakat luas yang kurang mampu untuk memperoleh hak mereka dalam mengakses layanan kesehatan spesialis seperti operasi bedah, di hari ulang tahunnya yang ke-10 bertekad dapat terus memperluas layanannya tidak hanya yang menyangkut penyakit kulit dan bedah plastik namun juga dapat menangani berbagai penanganan medis lainnya.
 
Menurut Dr. dr Karina, putri dari dr. Ratna selaku pendiri Yayasan Hayandra Peduli, setelah 10 tahun berdiri semenjak tahun 2009 silam, Hayandra berkomitmen untuk terus memperluas layanannya menjadi lebih lengkap seperti penyakit dalam, anti aging, bedah umum, neurologi, psikologi, gigi serta layanan terapi sel autologus.
 
Seperti diketahui sebelumnya diawal pendiriannya, Yayasan Hayandra Peduli melakukan berbagai macam kegiatan bakti sosial, termasuk diantaranya bakti sosial operasi bibir sumbing, langit-langit mulut serta pemeriksaan mata bagi masyarakat yang kurang mampu.
 
Pada tahun 2013 lalu menurut Dr. dr Karina, Yayasan Hayandra Peduli memutuskan untuk fokus ke layanan operasi sumbing dan langit-langit mulut dengan mengusung program “Miles of Smiles” yang dilakukan tidak hanya di Jakarta namun juga di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia, seperti Kupang, Ende, Lampung, Bengkulu, Gorontalo, Padang, Pontianak, Pekalongan bahkan sampai ke Jayapura.
 
Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Hayandra Peduli jelas Dr. dr. Kirana akhirnya memutuskan untuk membangun Klinik Hayandra dan Hayandra lab yang berlokasi di Jl. Kramat 6, Jakarta Pusat. Hayandra lab sendiri telah menjadi laboratorium yang secara resmi berizin untuk menyelenggarakan pengolahan sel bagi aplikasi klinis.
 
Yayasan Hayandra Peduli papar Dr. dr. Kirana juga mengerti akan pentingnya riset yang berkesinambungan dalam mendukung layanan terapi yang aman, efektif dan efisien. Sebagai catatan terapi sel di Indonesia harus sesuai dan mengacu kepada dengan Permenkes No. 32 tahun 2018 dengan mengikuti kaidah riset berbasis layanan.
 
“Launching Hibah Riset Hayandra diharapkan dapat berguna bagi para peneliti yang tertarik untuk bersama-sama dengan Hayandra mengembangkan teknologi terapi sel di Indonesia, sehingga mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri”, demikian hal ini dikatakan Dr. dr. Kirana dalam sesi tanya jawab yang digelar di Ritz-Carlton, Jakarta pada Sabtu (14/9) seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi.
 
Hayandra lab memiliki fasilitas pengolahan sel autologus (sel yang berasal dari pasien sendiri). Produk sel autologous yang diproses di Hayandra lab dapat digunakan untuk tujuan penelitian dan pelayanan terstandar di rumah sakit, klinik, atau fasilitas kesehatan yang berizin. Rancang bangun dan penetapan sistem manajemen dan operasional Hayandra lab mengacu pada peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia No. 50 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan laboratorium pengolahan sel punca untuk aplikasi klinis.
 
Klinik Hayandra juga memiliki sejumlah layanan lainnya, seperti terapi dengan PRP ( Platelet-Rich Plasma) yang dapat digunakan baik untuk terapi anti aging, maupun terapi kesehatan lainnya.
 
Salah satu fungsi PRP yang saat ini ramai dibicarakan adalah fungsinya dalam anti aging dan estetika, yang telah mengkombinasikan PRP dengan microneedling yang secara awam dikenal sebagai vampire facial. PRP secara luas juga telah dikombinasikan dengan terapi laser, baik untuk muka maupun rejuvenasi vagina, juga dapat dikombinasikan dengan fat grafting, yaitu transfer lemak tubuh pasien sendiri ke area yang membutuhkan seperti garis senyum atau pipi.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
5 Cara yang bisa dipilih untuk menambah pundi keuangan di masa pandemi Corona
Rabu, 27 Mei 2020 - 18:15 WIB
Sampai saat ini belum ada kepastian kapan berakhirnya pandemi corona yang membuat banyak orang ketar...
WingStreet Project dan Mrs Cendol bangkit bersama 10 Rumah Aman di tengah pandemi Covid-19 
Kamis, 21 Mei 2020 - 16:23 WIB
Program 10 Rumah Aman mengajak warga untuk terus kreatif dan produktif dalam masa pandemi Covid-19. ...
Apresiasi bagi tenaga dan petugas medis RSD Wisma Atlet yang tak mudik
Rabu, 20 Mei 2020 - 19:20 WIB
Kita ketahui, wabah Covid-19 bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga merupakan wabah Global. Di...
Harus di Rumah Aja, beli buah online kaya vitamin C jadi solusi terbaik
Rabu, 20 Mei 2020 - 16:16 WIB
https://www.fruidel.com/ Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap...
Masa pandemi Covid-19, Pisa Kafe sediakan makanan gratis bagi tenaga medis di lima rumah sakit
Senin, 18 Mei 2020 - 15:00 WIB
Pisa Kafe 24 Hours merespon (ikut melawan) pandemi Covid-19 dengan membuat kegiatan yang unik. Kafe ...
Siloam Hospitals Purwakarta komitmen tingkatkan pencegahan dan pengendalian Covid-19
Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:37 WIB
Siloam Hospitals Purwakarta sebagai penyedia layanan kesehatan yang terus berkembang dan berinovasi ...
IWM dan Beebread Superfood komitmen cegah penyebaran Covid-19 di Zona Merah Jawa Timur
Jumat, 01 Mei 2020 - 22:05 WIB
Dengan semangat totalitas untuk ikut serta menanggulangi penyebaran Covid-19, Beebread Super Food b...
Formula Tim Riset Herbal COVID-19 Indonesia sudah terdaftar di BPOM
Kamis, 30 April 2020 - 17:08 WIB
Tim riset herbal covid-19 untuk bangsa yakni, Surya Atmaja, Hadi Pranoto dan Mukhlis Ramlan menangap...
Langganan paket, MOLA TV salurkan bantuan penanggulangan COVID-19
Sabtu, 18 April 2020 - 18:36 WIB
Dalam rangka membantu mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia, MOLA TV berkomiten ikut menyalurkan s...
BAZNAS buka donasi COVID-19 lewat `Smart Shadaqah` BNI Syariah
Kamis, 09 April 2020 - 14:04 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerjasama dengan salah satu perbankan syariah, Bank Negara Indo...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV