Ekspos
Terapkan standar keamanan, Kalibata City gelar simulasi antisipasi kebakaran
Elshinta
Minggu, 01 September 2019 - 12:59 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan
Terapkan standar keamanan, Kalibata City gelar simulasi antisipasi kebakaran
Terapkan standar keamanan, Kalibata City gelar simulasi antisipasi kebakaran. Foto: Bayu Koosyadi/Elshinta.com.
Apartemen Kalibata City membuktikan bahwa bangunannya memiliki standar keamanan yang tinggi dalam mengantisipasti berbagai kejadian atau bencana di lingkungan apartemen tersebut. Salah satunya yakni antisipasi jika terjadi kebakaran. Hal itu dibuktikan dalam sebuah simulasi general evakuasi penghuni di lingkungan Apartemen Kalibata City, yang dilakukan pada Kamis (29/8) lalu.
 
General Manager Apartemen Kalibata City, Ishak S. Lopung mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk terus memberikan pelatihan kepada seluruh staf pengelola dan juga penghuni dalam mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana, salah satunya kebakaran. “Ini juga untuk memenuhi Peraturan Gubernur Nomor 143 Tahun 2016 tentang Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung dan Manajemen Keselamatan Kebakaran Lingkungan,” kata Ishak, Minggu (1/9).
 
Sejatinya simulasi ini rutin dilakukan setiap tahun oleh pengelola Kalibata City. Dan tahun ini pengelola Kalibata City menggandeng Suku Dinas (Sudin) Penaggulangan Kebakaran dan Keselamatan Jakarta selatan untuk melakukan kegiatan ini. “Mereka melakukan simulasi di Apartemen Kalibata City untuk menguji sistem yang dimiliki pengelola, sekaligus mengedukasi dan mengingatkan kepada penghuni tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ketika terjadi bencana kebakaran,” jelas Ishak seperti dilaporkan Reporter Bayu Koosyadi.
 
Dalam simulasi ini Dinas Kebakaran mendatangkan lebih dari 10 unit mobil pemadam dan mobil ambulance. Dimana masing-masing mobil pemadam terdiri dari 6 orang petugas. Adapun pelatihan ini dilakukan di Tower Palem dengan tinggi 21 lantai yang didalamnya terdapat 600 unit apartemen. Dari masing-masing lantai, terdapat 3 orang penghuni yang ikut berperan serta aktif dalam simulasi.
 
Adapun tahapan dalam mengatasi kejadian kebakaran ini, pertama-tama penghuni dapat melapor ke resepsionis bahwa telah terjadi kebakaran. Lalu informasi tersebut dicek ke control room untuk mendeteksi unit mana yang terindikasi kebakaran. Setelah adanya konfirmasi, pihak control room memberitahu security lobby untuk melakukan pemadaman awal dengan membawa peralatan dan memanggil penanggung jawab gedung yang akan mengkomando petugas keamanan dalam melakukan pemadaman.
 
“Nah apabila tim pertama yakni security lobby itu tidak bisa memadamkan, akan dipanggil tim fire 2 yang terdiri dari security dan engineering dengan alat dan pakaian yang lebih lengkap. Apabila ada korban, tim 1 (security lobby) yang akan memanggil ambulance serta menyalakan alarm gedung. Apabila tidak bisa padam juga baru dipanggil Dinas Pemadam Kebakaran,” tutur Ishak.
 
Dalam pelatihan evakuasi pemadam kebakaran, waktu yang menjadi target pemadaman yakni maksimal 15 menit sampai ditempat. Penghuni mendapat edukasi mengenai bagaimana melakukan pertolongan pertama, memadamkan api awal dengan karung goni basah, lalu tabung gas semprot, dan terakhir dengan pemanggilan mobil pemadam kebakaran.
 
“Mobil pemadam tadi 10 menit sudah sampai, penghuni juga diajarkan bagaimana penanggulangan bencana akibat kebocoran gas. Simulasi kira-kira berlangsung selama 2,5 jam,” kata Ishak.
 
Apartemen Kalibata City juga memiliki tim Floor Warder yang terdiri Tenant Safety Officer (TSO), Security, dan Housekeeping yang bertugas untuk meyapu setiap lantai guna mengantisipasi jika ada penghuni terjebak di unit mereka. Tim “Ini hal standar yang telah kami lakukan dan siapkan, sehingga penanggulangan bisa diantisipasi dengan baik,” ucapnya.
 
Pihak pemadam kebakaran pun telah melakukan uji coba sistem yang dimiliki Apartemen Kalibata City dan menyatakan lulus dalam uji coba tersebut sehingga pengelola apartemen dan penghuni dikatakan dapat bekerja sama dengan baik dalam penanggulangan bencana kebakaran. “Semuanya lancar kok, mereka bilang ini berfungsi dengan baik,” tandas Ishak.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
GT Radial kembali raih penghargaan `Original Brand Award 2020`
Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:43 WIB
PT Gajah Tunggal Tbk kembali mengukir prestasi. Melalui salah satu lini produk ban mobil kebanggaan ...
Indomaret Drive Thru, belanja makin praktis, cepat dan nyaman
Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:35 WIB
Merespon kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di antaranya mobilitas yang tinggi, Indomaret me...
Strategi MS Cosmetic rebut perhatian generasi milenial
Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:21 WIB
Sebagai negara dengan penduduk di atas 200 juta, Indonesia pasar potensial industri kosmetik untuk w...
Green Sedayu Mal berkonsep Go Green 
Rabu, 05 Agustus 2020 - 18:41 WIB
Agung Sedayu Grup, sebagai perusahaan Developer yang berdiri sejak tahun 1971, telah bertumbuh menja...
Tetap belajar dan berkreasi bersama Mola Kids di rumah
Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:22 WIB
Di tengah masa pandemik COVID-19, MOLA TV meluncurkan Paket Anak Indonesia yang bisa menemani anak-a...
Kurangi pengangguran di Jakarta, TAN Group lakukan ekspansi di tengah pandemi
Selasa, 28 Juli 2020 - 17:43 WIB
Pemilik Tan Group, Ricky Tan, mengungkapkan bahwa, negeri ini membutuhkan orang-orang yang inovatif,...
Jamin keamanan pasien dari covid-19, RS Siloam terapkan program `Clean and Safe Hospitals`
Rabu, 22 Juli 2020 - 18:25 WIB
Siloam Hospitals sebagai penyedia layanan kesehatan memiliki komitmen yang tinggi dalam pencegahan d...
Gandeng media, SGB Palembang sosialisasikan perdagangan berjangka komoditi
Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:19 WIB
PT Solid Gold Berjangka (SGB) cabang Palembang menggelar edukasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK...
Sanitasi kesehatan dan 2,000 es krim disalurkan untuk RSUD dan tenaga medis
Jumat, 17 Juli 2020 - 17:48 WIB
Pandemi Covid-19 masih menjadi mimpi buruk bagi kesehatan di Indonesia, hingga saat ini masih ada ri...
PT Len terus kirim bantuan untuk penanggulangan Covid-19
Selasa, 14 Juli 2020 - 21:01 WIB
Sejak 1993, PT Len Industri tidak pernah absen menyalurkan dana Corporate Social Reponsilibity (CSR)...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV