Terima germor dari DPP, DPC PDIP Jaksel gandeng warga pastikan Ciliwung bersih
Elshinta
Minggu, 03 Oktober 2021 - 20:44 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Terima germor dari DPP, DPC PDIP Jaksel gandeng warga pastikan Ciliwung bersih
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan sambut antusias pemberian gerobak motor (germor) atau mini dump truck dari DPP PDI Perjuangan. Untuk memaksimalkan germor tersebut, masyrakat daerah aliran sungai diajak berkolaborasi.

Ketua DPC PDI Perjuangan DKI Jakarta Selatan, Yuke Yurike mengatakan, pemberian germor oleh DPP PDI Perjuangan dikhususukan untuk membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan sekitaranya. Untuk itu, masing-masing DPC yang wilayahnya dilintasi DAS Ciliwung mendapatkan germor, mulai dari Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Timur hingga Jakarta Utara. 

Untuk Jakarta Selatan, lanjut Yuke, ada dua wilayah yang mendapatkan germor, yaitu di Pejaten Timur jalan Gunuk II dan di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus. Pada hari ini, Minggu (3/10) dilakukan seremonial pemberian germor sekaligus membersihkan daerah bantaran sungai serta menanam kembali dan merawat tanaman yang sebelumnya telah dilakukan penanaman serentak di DAS Cilwung bebrerapa waktu lalu.

"Germor kita berikan kepada satgas Ciliwung yang kita bentuk saat pembersihan sungai Ciliwung bebebrapa waktu lalu. Mereka satgas yang memang kader akan berkolaborasi dengan masyarakat maksimalkan germor untuk kebersihan lingkungan sungai," kata Yuke di kawasan Hutan Kota Sangga Buana, Minggu (3/10).

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa Hutan Kota Sanggah Buana yang terletak di kawan Lebak Bulus memang bukan dilintasi sungai Ciliwung, tetapi sungai pesanggahan. Namun, disitu merupakan tempat Komunitas Sangga Buana yang dibina Chareuddin alias Babe Idin. Babe Idin dikenal sebagai sosok pemerhati lingkungan yang mampu menggerakan kaum milineial menjaga lingkungan kali, dan pernah mendapatkan piagam Kalpataru.

"Babeh Idin ini membersihkan sungai dari Ciliwung hingga Pesanggrahan. Jadi kita berikan beliau satu germor untuk bisa terus mengajak masyarakat bekerjasama menjaga lingkungan sungai," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga  Dia didampingi oleh para kader PDIP seperti Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono  beserta anggota DPRD yang juga perwakilan DPD PDI Perjuangan, Panji Virgianto. Termasuk Kadis Taman dan Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati beserta camat dan luar setempat ikut hadir. Sementara di kawasan Pejaten Timur juga dihadiri Profesor Hamka Haq. 

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mewakili Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati sebenarnya ingin sekali hadir langsung menyerahkan bantuan germor itu. Namun situasi pandemi membuatnya terhalang untuk datang langsung.

“Tapi Ibu Megawati tetap menitipkan salam. Saya ditugaskan Bu Mega dan Pak Sekjen untuk menyerahkan kendaraan operasional menjaga lingkungan di sekitar ini maupun yang dikelola Babe Idin dan kawan-kawan di wilayah lain,” kata Eriko.

Megawati dan PDIP sangat mendorong aktivisme seperti yang dilakukan oleh Babe Idin dengan Komunitas Sangga Buana yang berisikan anak-anak muda. Dan partai itu melihat bahwa anak-anak muda dan milenial memang harus dilibatkan dalam kegaiatan menjaga lingkungan.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, saya mewakili Ibu Megawati, Presiden RI ke 5 menyerahkan/menghibahkan dari PDI Perjuangan, kendaraan ini kepada Babe Idin, untuk dipergunakan Babe Idin dan Sangga Buana untuk bisa merawat lingkungan di sini. Dan menggerakkan kaum milenial untuk menjaga Kali Ciliwung Pesanggarahan di kawasan Jakarta untuk menjadi kali yang bersih, kali yang hidup, bermanfaat untuk masyarakat banyak," pungkasnya.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi Abah Idin dan Komunitas Sangga Buana. Sebab banyak program petani milenial oleh pemerintah pusat dan daerah yang dicanangkan, tapi belum berjalan. 

“Namun Babe Idin membuktikan bahwa petani milenial kopi bisa dibangun,” ujarnya.

Kegiatan yang melibatkan anak muda seperti ini semakin penting untuk Jakarta yang lahannya sempit namun mengakami kerusakan hutan yang lumayan. 

“Perjuangan seperti ini akan terus kita bangkitkan semangat anak mudanya, khususnya di PDI Perjuangan. Kami akan dorong petani milenial dan anak muda yang terus didukung untuk berkembang,” tegas Anggota Komisi IV DPR itu.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
1 Desember 1956: Mohammad Hatta mundur dari jabatan Wakil Presiden
Rabu, 01 Desember 2021 - 06:10 WIB
Lewat hasil sidang, DPR akhirnya menyepakti permintaan pengunduran diri Mohammad Hatta dari jabatan ...
Puan: DPR siap menindaklanjuti Putusan MK terkait UU Ciptaker
Selasa, 30 November 2021 - 18:35 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa DPR menghormati Putusan Mahkamah Konstitusi terkait Unda...
Farabi A Rafiq: Airlangga Hartarto dapat dipasangkan dengan Anies Baswedan
Selasa, 30 November 2021 - 17:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (DPD Partai Golkar) Kota Depok, Jawa Barat, Farab...
Peneliti: Aturan PT rusak tatanan demokrasi dan hanya untungkan oligarki
Selasa, 30 November 2021 - 15:45 WIB
Aturan ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold (PT), juga threshold untuk pemili...
Ketua DPR RI dorong negara GNB dukung kemerdekaan Palestina
Senin, 29 November 2021 - 14:12 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani dalam acara Inagurasi Pembentukan Parliamentary Network of Non-Aligned M...
Hengky Kurniawan minta anggota Korpri tak gagap teknologi
Senin, 29 November 2021 - 11:45 WIB
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan meminta anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ...
29 November 1971: Berdirinya KORPRI
Senin, 29 November 2021 - 06:00 WIB
Hari ini 50 tahun yang lalu, Korps Pegawai Republik Indonesia atau biasa disebut Korpri dibentuk. Ko...
Calon kades di Tulungagung deklarasi damai pilkades serentak
Minggu, 28 November 2021 - 19:26 WIB
Sebanyak 35 calon kepala desa dari 14 desa di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (27/11), mena...
 Maksimalkan pemahaman 4 pilar, MPR RI undang narasumber Bahasa Madura
Minggu, 28 November 2021 - 18:12 WIB
Pelaksanaan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilak...
Polres Dairi tetapkan sembilan tersangka kasus pengrusakan kotak suara Pilkades
Minggu, 28 November 2021 - 17:25 WIB
Kepolisian Resort (Polres) Dairi telah menetapkan sembilan orang sebagai tersangka dalam kasus kerus...
InfodariAnda (IdA)