Kunjungi Papua, Ganjar sapa crew radio Kenambai Umbai 
Elshinta
Jumat, 01 Oktober 2021 - 18:46 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Kunjungi Papua, Ganjar sapa crew radio Kenambai Umbai 
Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

Elshinta.com - Awak radio LPPL Kenambai Umbai Kabupaten Jayapura dikejutkan dengan kedatangan tamu spesial. Tamu yang datang itu adalah Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Persatuan Radio TV Daerah Seluruh Indonesia (Indonesiapersada.id), Ganjar Pranowo.

Ganjar yang datang ke Papua untuk menghadiri pembukaan PON XX Papua 2021 pada Jumat (1/10) menyempatkan diri untuk menengok insan radio di Jayapura. Ganjar yang menjabat sebagai Ketua Umum Indonesiapersada.id itu memang kerap berkunjung ke radio-radio lokal disela kunjungan kerjanya di daerah.

"Halo apa kabar? Ini radionya, bagus ini. Apalagi itu taglinenya, satu suara sejuta telinga. Ini keren," sapa Ganjar pada para crew di sana.

Tak hanya para crew, Ganjar juga disambut oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. Keduanya kemudian ngobrol sebentar dilanjutkan dengan siaran bersama di dalam studio.

Dalam siararan itu, penyiar Radio Kenambai Umbai, Ines mengajak ngobrol Ganjar dan Mathius dengan gayeng. Mulai perhelatan PON, ekonomi kreatif di Papua dan lainnya. Obrolan itu juga disiarkan secara langsung oleh ratusan radio anggota Indonesiapersada.id di seluruh Indonesia.

Usai siaran kurang lebih satu jam, Ganjar kemudian diajak makan Papeda bersama bupati, crew Kenambai Umbai dan para fans radio yang sejak pagi menunggunya. Setelah makan bersama, Ganjar dengan ramah melayani mereka untuk berfoto dan bercanda.

"Saya sangat bersyukur dan berterimakasih pada pak Ganjar, sudah mau berkunjung ke tempat kami. Saya tidak menyangka, kalau bapak sampai ke sini. Kami sangat senang sekali," kata Ketua Radio Kenambai Umbai Jayapura, Jini Wati.

Menurut Jini, Ganjar adalah tokoh tepat untuk memimpin Indonesiapersada.id. Ia yakin, di tangan Ganjar, radio lokal akan menjadi lebih baik lagi.

"Pasti radio dan televisi daerah kedepannya akan lebih baik lagi dengan dipimpin pak Ganjar. Kami sangat bersyukur, mendapatkan ketua seperti pak Ganjar. Beliau mau datang ke sini, memberikan masukan atas kekurangan kami sehingga bisa kami perbaiki," ucapnya.

Ganjar sendiri mengatakan sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan awak radio di Jayapura. Selain itu, ia juga ingin berbagi pengalaman tentang radio lokal di daerah.

"Ini menarik ya, saya dengan pak Bupati Jayapura, pak Mathius ini ngobrol banyak tentang Papua, mulai atlet berprestasi di Papua, perhelatan PON di Papua, tentang radio dan lainnya. Dan yang menarik, penyelenggaraan PON Papua ini juga disiarkan melalui radio lokal," kata Ganjar.

Ganjar juga sempat berdialog dengan warga melalui sambungan telephone. Salah satu warga menanyakan pada Ganjar tentang nasib radio lokal di tengah kemajuan teknologi saat ini.

"Ada yang tanya, apakah radio lokal itu bisa hidup apa tidak. Saya jawab tegas bisa, kita tinggal butuh kreatif dan inovatif. Maka ayo kita gairahkan radio lagi, dengan inovasi-inovasinya," ucapnya.

Radio saat ini lanjut Ganjar tidak boleh hanya menjadi media yang hanya bisa didengar. Radio harus bisa ditonton juga, dengan siaran streaming, siaran berjejaring dan lainnya.

"Dukungan dari Pemkab Jayapura pada LPPL nya bagus banget. Saya sebagai Ketua Umum Indonesiapersada.id tentu sangat bangga dan saya akan makin banyak berkunjung ke radio-radio lokal di daerah. Supaya kita bisa ngobrol. Kelak kalau pandemi sudah menurun, akan banyak kegiatan radio yang offair sehingga bisa kopi darat dengan pengengar. Itu pasti menarik," pungkasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemkot sosialisasi e-partisipasi kepada Forum RW se-Kota Bandung
Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:48 WIB
Dalam rangka memberikan layanan informasi dan kemudahan bagi masyarakat dalam menghitung partisipasi...
121 pospam terpadu didirikan saat Nataru di Sumut
Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:24 WIB
Sebanyak 121 pos pengamanan (Pospam) terpadu akan didirikan di sejumlah titik di Sumatera Utara, saa...
Polisi tangkap pelaku pembuangan mayat bayi baru lahir
Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:06 WIB
Evi Afrida (20), warga Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah diamankan pol...
Kasus positif Covid-19 Sukoharjo bertambah diduga dibawa pendatang
Sabtu, 04 Desember 2021 - 15:55 WIB
Kasus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah cenderung bertambah sejak awal pekan ini. Setelah...
 Dubes Ukraina kunjungi Jateng: Bercerita soal Gadjah Mada hingga Pangeran Diponegoro
Sabtu, 04 Desember 2021 - 15:10 WIB
Biasanya sejumlah duta besar dari negara-negara asing datang ke Jawa Tengah untuk membahas soal kerj...
 Cegah Covid-19, puluhan peserta UKW PWI Malang Raya diswab antigen
Sabtu, 04 Desember 2021 - 13:59 WIB
Puluhan wartawan dari Surabaya, Blitar, Situbondo, Lumajang, dan Malang Raya yang mengikuti Uji Komp...
Mobil DFSK buatan Pabrik Cikande diekspor ke 14 negara
Sabtu, 04 Desember 2021 - 13:11 WIB
PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek (APM) DFSK di Indonesia mengumumkan bahwa pabrik ...
Pemerintah dukung langkah APBI jalankan `good mining practice`
Sabtu, 04 Desember 2021 - 11:11 WIB
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung langkah Asosiasi Pertambangan Batubara I...
Hampir seluruh wilayah Indonesia diguyur hujan pada Sabtu
Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:59 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah Indonesia ak...
Menteri BUMN siapkan empat platform untuk dukung kreator lokal
Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:35 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyiapkan empat platform dalam rangka menduku...
InfodariAnda (IdA)