LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi tahun 2022
Elshinta
Rabu, 15 September 2021 - 13:12 WIB |
LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi tahun 2022
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2022 mendatang. Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan mampu melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya. (PT KAI)

Elshinta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2022 untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

“Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, tentu kehadiran LRT Jabodebek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan bertansportasi masyarakat yang aman, nyaman dan bebas macet,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Joni menjelaskan, KAI bersama para pemangku kepentingan tengah mempersiapkan segala sesuatu terkait pengoperasian LRT tersebut, baik sarana, prasarana, fasilitas pelayanan penumpang maupun perizinan yang diperlukan.

Kata dia, berdasarkan Perpres nomor 49 Tahun 2017, KAI ditugaskan untuk menyelenggarakan sarana dan prasarana LRT Jabodebek antara lain meliputi pengadaan sarana, pengoperasian sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana, pengusahaan sarana dan prasarana termasuk pendanaan prasarana Kereta Api Ringan terintegrasi, serta penyelenggaraan system tiket otomatis (Automatic Fare Collection)

Ia mengatakan, rencananya terdapat 18 stasiun LRT Jabodebek yang akan melayani masyarakat yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis.

"Tujuannya untuk memudahkan para penglaju untuk bertransportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya," ujarnya.

Kemudian, Stasiun LRT terdiri dari 2 tipe yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya.

Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Interchange Station terdiri dari 3 lantai dimana lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

“Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Dimana pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya,” kata Joni.

Untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun, stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga, dan lift, toilet, ruang menyusui, musala, ruang kesehatan, Passenger Information Display System (PIDS), passenger announcement, dan CCTV.

Joni mengungkapkan, Pemerintah dan KAI juga berupaya menghadirkan stasiun LRT Jabodebek yang ramah disabilitas dengan menghadirkan lift, gate, toilet khusus disabilitas serta tactile.

Dengan hadirnya fasilitas tersebut diharapkan dapat mempermudah pelanggan disabilitas dalam melakukan mobilitas menggunakan LRT Jabodebek.

Untuk mengoptimalkan layanan di stasiun, KAI juga menyiapkan petugas yang siap sedia untuk melayani pelanggan. Petugas tersebut meliputi Pengawas Stasiun, petugas loket, passenger service, cleaning service, petugas kesehatan, dan security.

Adapun dari sisi akses stasiun, LRT Jabodebek memiliki keunggulan karena akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum.

Misalnya Stasiun Dukuh Atas, lokasinya berada di dekat Stasiun KRL Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun KA Bandara BNI City, halte Transjakarta, serta berbagai moda transportasi lainnya.

Selanjutnya, Stasiun Halim yang terintegrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung serta dekat dengan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

“Stasiun-stasiun LRT Jabodebek terletak tidak jauh dari titik moda transportasi umum lainnya. Sehingga akan memudahkan pelanggan yang akan menggunakan transportasi umum lanjutan,” katanya.

Selain itu guna memberikan kemudahan dalam menggunakan LRT nantinya masyarakat dapat memanfaatkan Kartu Uang Elektronik (KUE) Transportasi yang sudah ada misalnya KMT, Kartu Uang Elektronik ataupun dompet digital / e-wallet.

Ia menambahkan, pembangunan proyek LRT Jabodebek semakin menunjukkan progress kesiapan yang signifikan.

Hingga bulan September ini, progress pembangunan prasarana LRT Jabodebek mencapai 94,36 persen dengan rincian Lintas Pelayanan I Cawang- Harjamukti sebesar 98,98 persen, Lintas Pelayanan II Cawang - Dukuh Atas sebesar 90,7 persen, dan Lintas Pelayanan III Cawang - Jatimulya sebesar 91,8 persen.

Kemudian progres akses stasiun sebesar 42,71 persen, konstruksi depo sebesar 51,39 persen, sarana sebesar 64,70 persen, dan integrasi sebesar 35,49 persen.

Dalam rangka memastikan proyek LRT Jabodebek beroperasi tepat waktu, KAI diusulkan menerima PMN di tahun 2021 sebesar Rp2,7 triliun.

Dana ini rencananya akan digunakan untuk pemenuhan cost overrun proyek LRT Jabodebek atas dampak kemunduran penyelesaian proyek tersebut.

“KAI berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam pembangunan proyek LRT Jabodebek ini. KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan LRT Jabodebek beroperasi dalam waktu yang ditentukan yaitu pertengahan 2022. Diharapkan nantinya LRT Jabodebek akan menjadi moda transportasi andalan masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Ibu Kota,” pungkas Joni.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Vaksin tahap ke-69 Pfizer tiba di Tanah Air sebanyak 1.140.750 dosis
Minggu, 19 September 2021 - 18:48 WIB
Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-69 jenis Pfizer donasi dari pemerintah Amerika Serikat melalu...
Peringati HUT PMI ke-76 PMI Langkat berbagi sembako
Minggu, 19 September 2021 - 18:23 WIB
Peringati hari ulang tahun Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-76. PMI Kabupaten Langkat, Sumatera ...
Warga tiga desa di Nogosari, Boyolali gelar vaksinasi massal
Minggu, 19 September 2021 - 17:08 WIB
Ratusan warga di tiga desa di kecamatan Nogosari, Boyolali JawaTengah, Sabtu (18/9) ramai-ramai men...
Kasus sengketa lahan warga dan PT Satya Agung, BPN diminta ukur ulang
Minggu, 19 September 2021 - 16:10 WIB
Warga Gampong Kilometer VIII, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, mendesak Badan Perta...
 Jelang PON XX, Perbakin dan Kodam XVII/Cenderawasih gencarkan `Serbuan Vaksinasi`
Minggu, 19 September 2021 - 15:23 WIB
Dalam rangka mensukseskan PON XX, Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) dan Ko...
Tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di RSUD Tanjung Pura berkurang
Minggu, 19 September 2021 - 15:12 WIB
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terus inten...
Bupati Langkat tinjau seleksi PPPK
Minggu, 19 September 2021 - 13:45 WIB
Bupati Langkat Terbit Rencana PA meninjau pelaksanaan seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Pe...
 Vaksinasi santri, Polri temui pimpinan Dayah Darul Ulum Al Munawarah
Minggu, 19 September 2021 - 12:36 WIB
Guna mensukseskan vaksinasi terhadap santri, Kapolsek Muara Dua, Ipda Nina Ervianti melakukan koord...
Wawakot optimistis pertumbuhan ekonomi Kota Bandung positif pada kuartal 4 tahun 2021
Minggu, 19 September 2021 - 11:36 WIB
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, optimis laju pertumbuhan ekonomi Kota Bandung akan positif pa...
Desa dan kelurahan di DIY digelontor danais dan BTT Rp 26,1 M untuk tangani COVID-19
Minggu, 19 September 2021 - 11:27 WIB
Meski kasus COVID-19 sudah turun namun penanganan harus tetap dilakukan. Guna menangani COVID-19 mak...
Live Streaming Radio Network