Begini cara jadi sukarelawan Asian Games Hangzhou 2022
Elshinta
Minggu, 12 September 2021 - 20:59 WIB |
Begini cara jadi sukarelawan Asian Games Hangzhou 2022
Sumber foto: Antara/elshinta.com

Elshinta.com - Setiap gelaran multievent, seperti Asian Games 2022 di Hangzhou, China, pihak penyelenggara memberi kesempatan bagi siapa saja yang masuk kualifikasi untuk turut berpartisipasi menjadi volunter atau sukarelawan.

Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou (HAGOC) pun bakal merekrut sekitar 52.000 sukarelawan untuk menyukseskan pesta olahraga terbesar di Benua Kuning tersebut.

Dilansir situs resminya, pendaftaran untuk menjadi sukarelawan Asian Games 2022 masih dibuka dan penutupan akan dilakukan pada 31 Oktober 2021 pada pukul 00:00 dini hari waktu Beijing.

Ini adalah kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari sejarah dari pesta olahraga empat tahunan tersebut. Banyak manfaat yang didapat ketika menjadi volunter pada gelaran besar seperti Asian Games.

Selain ikut menjadi bagian dari sejarah, sukarelawan yang berpartisipasi juga bisa menambah pengalaman, membangun, dan memperluas jaringan. Sebab, masyarakat seluruh Asia dan bahkan dunia hadir saat kegiatan tersebut berlangsung.

Lebih dari itu, banyak manfaat lainnya seperti belajar bagaimana membuat dan menyelenggarakan kegiatan besar, mengembangkan keterampilan, kerja sama tim, dan lainnya.

Bagi yang ingin berpartisipasi, HAGOC membuka kesempatan dan membuka pendaftaran melalui Sistem Rekrutmen Relawan untuk Asian Games Hangzhou dan Asian Para Games yang dapat diakses melalui sejumlah platform berbeda.

Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi situs resmi Asian Games 2022 yakni www.hangzhou2022.cn. Dalam laman tersebut, tersedia informasi detailnya.

Proses rekrutmen

Dalam proses rekrutmen, HAGOC dan organisasi yang berwenang akan memilih sukarelawan berdasarkan kinerja mereka dalam sejumlah penilaian.

Mereka akan melakukan seleksi dengan menyelenggarakan sejumlah tes, mulai daring, wawancara tatap muka, wawancara jarak jauh, maturity assessment, dan tes bahasa Inggris.

HAGOC akan mengeluarkan Pemberitahuan Penerimaan Awal kepada pelamar yang telah lulus penilaian di atas.

Setelah itu, pelamar yang telah ditunjuk sementara untuk posisi sukarelawan (penerimaan awal) akan didaftarkan ke HAGOC dan diminta untuk menandatangani Surat Komitmen.

HAGOC akan memberikan peran kepada sukarelawan berdasarkan kesediaan mereka untuk mengambil peran, serta seberapa baik mereka memenuhi persyaratan peran dan mengonfirmasi tanggal mulai periode bertugas.

Lalu, penyelenggara akan mengeluarkan Surat Penerimaan kepada kandidat yang terkonfirmasi diterima dalam program tersebut.

Penyelenggara akan dengan jelas menetapkan hak dan kewajiban yang terkait dengan menjadi sukarelawan pada gelaran Asian Games 2022.

Penyelenggara akan melindungi hak dan kepentingan hukum memberi volunter manfaat yang disepakati seperti seragam dan asuransi, serta keamanan yang diperlukan.

Terdapat persyaratan yang tercantum. Seperti minimal berusia 18 tahun, dengan perawakan fisik dan kedewasaan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas yang diminta.

Pelamar juga harus memiliki komunikasi dan keterampilan koordinasi yang baik. Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing selain bahasa mereka sendiri (berlaku untuk warga negara China) atau kemampuan dasar bahasa bahasa Mandarin (sukarelawan non-China).

Kemudian juga bersedia mengikuti pelatihan dan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh HAGOC dan memiliki keterampilan lain yang dianggap membantu dalam pelaksanaan pertandingan.

Panitia penyelenggara bakal memprioritaskan mereka yang memiliki pengalaman sebelumnya menjadi volunter dalam acara olahraga.

HAGOC juga membuka kesempatan bagi pelamar yang menyandang disabilitas, tetapi tetap harus memenuhi persyaratan.

Pelamar yang menyandang disabilitas, jika masuk ketentuan akan ditugaskan ke posisi yang sesuai dan diberi tugas yang sesuai, berdasarkan cara mereka memenuhi kriteria penerimaan.

Kategori sukarelawan

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga kategori utama untuk sukarelawan yakni umum, profesional dan lead.

Sukarelawan umum merujuk pada sukarelawan yang bertugas memberikan dukungan hal umum seperti mengantar, memberikan informasi, menyapa pengunjung dan memberikan bantuan, mendukung kegiatan budaya dan layanan saat pertandingan.

Sementara untuk profesional mengacu pada hal yang sifatnya lebih khusus seperti memberikan layanan selama kompetisi dan upacara, layanan bahasa (termasuk bahasa isyarat dan membaca braille), layanan protokol, teknologi informasi pendukung dan operasi media, dan membantu delegasi.

Adapun lead adalah sukarelawan yang memiliki keterampilan organisasi dan manajemen yang sangat baik, tingkat antusiasme yang tinggi dan tidak hanya akrab dengan pekerjaan volunter tetapi juga mampu mengatur dan memimpin tim sukarelawan.

Volunter layanan terutama untuk upacara pembukaan dan penutupan, serta selama kompetisi olahraga dan kegiatan yang berhubungan dengan pertandingan.

Mereka akan ditempatkan di seluruh lokasi area Kota Hangzhou dan kota tuan rumah bersama Ningbo, Wenzhou, Jinhua, Huzhou, dan Shaoxing. Semua zona terletak di Provinsi Zhejiang, China.

Sukarelawan bisa saja ditempatkan di salah satu atau lebih dari area pertandingan selama Asian Games 2022 berlangsung.

Mereka akan bertugas pada September hingga Oktober 2022. Biasanya akan diminta untuk tersedia dari 7 hari sebelum hingga 3 hari setelah pertandingan.

Sukarelawan yang ditugaskan untuk posisi layanan khusus dapat diizinkan untuk melakukan tugas mereka dalam pengaturan yang lebih fleksibel.

Jadwal bergilir dapat diatur untuk sukarelawan yang telah ditugaskan untuk bekerja di luar ruangan untuk waktu yang lama.

Pelaksanaanya

Sebelumnya, HAGOC dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengonfirmasi bahwa Asian Games 2022 akan mempertandingkan 40 cabang olahraga yang meliputi 31 cabang Olimpiade dan sembilan cabang non-Olimpiade.

Dilansir dalam laman resmi kompetisi, 40 cabang tersebut terdiri atas 61 disiplin dan 482 nomor pertandingan. Esports dan breakdancing menjadi cabang olahraga yang akan debut di Hangzhou.

Pelaksanaan Asian Games Hangzhou menjadi yang kali ketiga bergulir di China. Sebelumnya, Negeri Tirai Bambu juga pernah menjadi tuan rumah untuk Asian Games Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

Asian Games 2022 akan diikuti 45 negara dan wilayah yang berpartisipasi dalam edisi sebelumnya. Namun pada 2022, Oseania untuk kali pertama akan ikut bersaing di Asian Games Hangzhou sehingga jumlah negara dan wilayah yang ambil bagian menjadi 63.

Sebanyak 10.000 atlet diperkirakan akan tampil dalam pesta olahraga empat tahunan itu.

Demikian sejumlah informasi terkait pendaftaran volunter atau sukarelawan untuk Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Semoga bermanfaat.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gunawan hadapi petenis andalan Barbados pada laga pembuka Davis Cup
Jumat, 17 September 2021 - 10:53 WIB
Gunawan Trismuwantara bakal membuka rangkaian pertandingan tim Indonesia pada babak pertama Grup II ...
Esport - Jawara Cup ajang penggemar PUBG Mobile unjuk kemampuan
Kamis, 16 September 2021 - 13:55 WIB
PUBG Mobile saat ini sedang mengembangkan komunitas untuk para penggemarnya di seluruh Indonesia yan...
Seluruh kontingen di PON Papua bakal karantina selama lima hari
Rabu, 15 September 2021 - 17:23 WIB
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman mengat...
PON Papua bukan sekadar ajang olahraga
Selasa, 14 September 2021 - 12:47 WIB
Hanya menunggu hitungan hari, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX segera digelar di `Bumi Cenderawasih`...
Begini cara jadi sukarelawan Asian Games Hangzhou 2022
Minggu, 12 September 2021 - 20:59 WIB
Setiap gelaran multievent, seperti Asian Games 2022 di Hangzhou, China, pihak penyelenggara member...
Dua prajurit TNI perkuat tim atletik Kalbar pada PON Papua
Jumat, 10 September 2021 - 12:45 WIB
Dua prajurit TNI yang bertugas di Kodam XII/Tanjungpura, yaitu Praka Irmansyah dan Prada Musa, akan ...
NPC Indonesia: Perhatian pemerintah jadi kunci sukses di Paralimpiade
Selasa, 07 September 2021 - 12:35 WIB
Ketua Umum Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun mengatakan kesuksesan Kontingen...
NTT targetkan 10 mendali emas pada PON Papua 2021
Selasa, 07 September 2021 - 12:24 WIB
 KONI NTT mentargetkan 10 medali emas pada PON XX di Papua. Targetnya 6 dari kempo, 2 dari tinju d...
Kloter terakhir Kontingen Indonesia tiba di Tanah Air
Selasa, 07 September 2021 - 09:37 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyambut langsung kepulangan kloter terakhir K...
Keluarga di Majalengka tunggu kedatangan peraih medali emas di Paralimpiade Tokyo 
Senin, 06 September 2021 - 16:55 WIB
Atlet disabilitas kelahiran Maja Kab. Majalengka, Jawa Barat Hary Susanto berhasil meraih medali ema...
Live Streaming Radio Network