Masyarakat diajak donorkan darahnya di masa pandemi COVID-19
Elshinta
Rabu, 16 September 2020 - 09:47 WIB |
Masyarakat diajak donorkan darahnya di masa pandemi COVID-19
Aktivitas donor darah di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan PMI untuk menjaga persediaan darah. Sumber foto: https://bit.ly/33uCW3m

Elshinta.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi COVID-19 ini, untuk menjaga persediaan dalam memenuhi permintaan darah dari warga.

"Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya dan kami pastikan aman dari penularan virus tersebut, karena petugas yang memberikan pelayanan tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya, di Jakarta, Selasa (15/9).

Menurut JK, persediaan darah sempat menurun drastis mencapai 50 persen sejak pandemi COVID-19, apalagi saat beberapa daerah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sehingga banyak warga yang berdiam di rumah dan khawatir keluar untuk mendonorkan darahnya.

Namun, berkat upaya yang dilakukan oleh jajaran PMI mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kota/kabupaten, pasokan darah kembali meningkat, ditambah kepedulian pihak TNI dan Polri di seluruh Indonesia mengerahkan personelnya untuk melakukan donor darah.

Selain itu, petugas dari PMI di daerah mempunyai berbagai program untuk bisa menambah pasokan, agar persediaan darah terjaga seperti jemput bola dengan mendatangi permukiman warga dan lainnya. Kemudian, jika ada warga yang membutuhkan darah bisa membawa keluarganya untuk mendonorkan darahnya di unit donor darah (UDD) mengantisipasi persediaan yang sesuai golongan darah pasien sedang kosong.

"Berbagai upaya kami lakukan untuk memenuhi persediaan darah, salah satunya menggandeng mitra maupun masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19 permintaan darah selalu ada, sehingga warga diminta peduli untuk bisa menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan orang lain," katanya pula.

Mantan Wakil Presiden RI selama dua periode ini menyerukan, agar warga tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi, karena seperti diketahui COVID-19 ini menular dari saluran pernapasan, mata dan mulut dengan kata lain tidak ditularkan melalui darah.

Tentunya dalam melaksanakan donor darah PMI sudah menerapkan standar keamanan yang tinggi, sehingga JK memastikan tidak akan terjadi penularan COVID-19 terhadap pendonor maupun yang lainnya.

Kemudian peralatan yang digunakannya pun sudah pasti higienis dari berbagai virus, kuman maupun bakteri. Menurut dia, donor darah tidak akan dilakukan jika tidak memenuhi standar protokol kesehatan ketat.

Bahkan, selain petugas UDD pendonor pun diwajibkan menggunakan masker, dan ada juga petugas PMI yang menggunakan hazmat. Selain itu, sebelum pengambilan darah, pendonor pun diperiksa lebih dulu suhu tubuhnya dan lainnya untuk memastikan tidak dalam keadaan sakit atau terindikasi terinfeksi COVID-19.

Setelah transfusi, darah dari pendonor pun diperiksa kembali di laboratorium untuk memastikan terbebas dari berbagai penyakit. "Laboratorium dan alat untuk memeriksa kualitas darah yang kami punya sudah modern dan memiliki standar yang tinggi, dan dipastikan darah yang disalurkan untuk yang membutuhkan sehat," katanya lagi, dikutip Antara. (Der) 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pusat pembelajaran kelor terbesar se-Asia dibangun di Kota Palu
Jumat, 30 Oktober 2020 - 18:00 WIB
Pusat pembelajaran tanaman pohon kelor terbesar se-Asia (Asian Moringa Learning Center-Integrated Or...
Gubernur paparkan langkah Jabar antisipasi COVID-19 saat libur panjang
Jumat, 30 Oktober 2020 - 17:51 WIB
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memaparkan sejumlah langkah pemprov setempat dalam mencegah penye...
Menteri Desa ajak Muslimat NU sinergi bangun desa
Jumat, 30 Oktober 2020 - 17:08 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meng...
Kunjungan wisatawan di Kepulauan Togean Sulteng naik 100 persen
Jumat, 30 Oktober 2020 - 13:34 WIB
Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) menyebutkan terjadi peningkatan presentasi kunjungan w...
Satgas Palangka Raya keluarkan 472 izin pernikahan selama pandemi
Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:01 WIB
Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya telah mengeluarkan 472 izin pelaksanaan pernikahan sel...
Polres di DKI Jakarta bagikan bansos dan masker
Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:16 WIB
Sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya melakukan Operasi Zebra Jaya 2020 dengan membagika...
Gus Yaqut: Penuh rahmah dan kasih sayang, Islam sangat menghargai perbedaan
Kamis, 29 Oktober 2020 - 21:45 WIB
Peradaban umat manusia yang menghargai segala perbedaan, baik agama, suku, ras, kepercayaan, adat is...
Festival Seni Bali Jani II libatkan 1.000 seniman
Kamis, 29 Oktober 2020 - 17:26 WIB
Festival Seni Bali Jani (FSBJ) II Tahun 2020 yang digelar mulai 31 Oktober hingga 7 November 2020 ak...
Pupuk Indonesia telah salurkan 6,9 juta ton pupuk bersubsidi
Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:15 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) telah menyalurkan sebanyak 6.902.343 ton pupuk bersubsidi kepada petani...
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud gelar pameran pusaka Pangeran Diponegoro 
Kamis, 29 Oktober 2020 - 09:21 WIB
Masih dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2020, Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Museum ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV