Istana paparkan penjelasan soal Indonesia belum resesi ekonomi
Elshinta
Senin, 10 Agustus 2020 - 13:55 WIB |
Istana paparkan penjelasan soal Indonesia belum resesi ekonomi
Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta. Sumber Foto: https://bit.ly/3abZlFn

Elshinta.com - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta menekankan Indonesia belum mengalami resesi meskipun laju ekonomi domestik di kuartal II (April-Juni) 2020 terkontraksi ke minus 5,37 persen secara tahunan (year on year/y-o-y).

Hal itu karena sesuai konsesus global, resesi ekonomi adalah laju ekonomi negatif secara dua kuartal berturut-turut dalam perhitungan tahunan (y-o-y), bukan secara kuartal (q-t-q). Sementara laju ekonomi Indonesia secara tahunan (y-o-y) baru terjadi kontraksi di kuartal II 2020. Adapun di kuartal I 2020, ekonomi Indonesia masih bertumbuh di zona positif yakni 2,97 persen (y-o-y).

“Jika sebuah negara mengalami pertumbuhan negatif selama dua kuartal berturut-turut dihitung secara kuartalan (q-t-q), bukan secara tahunan (y-o-y), maka itu belum bisa disebut mengalami resesi,” ujar Arif di Jakarta, Senin (10/8).

Arif mengatakan, Indonesia masih berpeluang lolos dari ancaman resesi ekonomi, jika pada kuartal III 2020, laju ekonomi domestik bisa kembali bergerak ke zona positif, seperti yang terjadi di kuartal I 2020.

“Indonesia masih bisa menghindari resesi jika pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal III ini secara tahunan (y-o-y) dapat mencapai nilai positif,” jelas dia.

Menurut Arif, laju ekonomi negatif pada kuartal II 2020 telah diprediksi sebelumnya sebagai konsekuensi dari adanya pandemi COVID-19, yang menyebabkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di kuartal III, Arif meyakini, Indonesia berpeluang membawa laju Produk Domestik Bruto (PDB) ke level positif setelah bergeraknya lagi aktivitas perekonomian dengan protokol adaptasi kebiasaan baru.

“Pertumbuhan negatif atau kontraksi ekonomi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, hampir seluruh negara mengalami hal serupa bahkan dengan kontraksi yang lebih tajam seperti yang terjadi di Uni Eropa dengan -14,4 persen, Singapura -12,6 persen, Amerika Serikat -9,5 persen, Malaysia -8,4 persen,” ujar dia.

Menurut Arif, hal itu menunjukkan kondisi ekonomi Indonesia relatif lebih baik dibandingkan dengan beberapa negara lain, karena sejak awal Presiden Joko Widodo menginstruksikan penerapan kebijakan kontra-siklus (counter cyclical) untuk mendorong ekonomi domestik, khususnya konsumsi masyarakat agar tidak terjadi kontraksi lebih dalam.

Pada Juli 2020 atau awal kuartal III 2020, Arif menyebut sudah ada sinyalemen pemulihan ekonomi, yang tercermin dari kinerja industri manufaktur dan pertumbuhan kredit perbankan. Oleh karena itu jika momentum pemulihan bisa terus berlanjut, maka di kuartal III 2020, ekonomi Indonesia bisa segera pulih.

“PMI (Prompts Manufacturing Index) yang meningkat dari 39,1 pada bulan Juni menjadi 46,9 pada bulan Juli dan diharapkan bulan ini sudah bisa di atas 50. Demikian juga pertumbuhan kredit perbankan yang mulai ada tanda perbaikan pada bulan Juli lalu,” pungkasnya, dikutip Antara.

Istana memandang potensi ekonomi dalam negeri harus terus dioptimalkan untuk dapat menopang perekonomian agar dapat tumbuh positif. Konsumsi masyarakat, belanja pemerintah maupun investasi domestik harus digencarkan agar roda-roda perekonomian dapat bergerak.

“Inilah yang juga menjadi concern (perhatian) Presiden agar stimulus yang ada dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) segera dilakukan, bantuan sosial, program padat karya, bantuan pembiayaan, dan stimulus lainnya akan dilakukan dengan cepat, agar masyarakat dan pelaku usaha segera merasakan manfaatnya dan Indonesia terhindar dari ancaman resesi ekonomi,” ujarnya. (Ank/Der)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Perkasa, rupiah menguat 0,25% ke Rp14.843 per dolar AS pada tengah hari ini
Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:34 WIB
Nilai tukar rupiah di pasar spot masih perkasa di tengah hari ini. Kamis (1/10), rupiah spot  berad...
IHSG melejit 1% ke 4.919 di akhir sesi I hari ini 
Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tampil perkasa hingga akhir perdagangan sesi I hari ini. Kamis (1...
Rupiah hari ini berpotensi menguat didukung sentimen positif global
Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:21 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (1/10), berpotensi menguat...
IHSG diperkirakan terkoreksi seiring rilis data inflasi September
Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:05 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (1/10), diperkirakan terkoreksi...
Satgas PEN paparkan strategi besar pemulihan ekonomi
Rabu, 30 September 2020 - 21:11 WIB
Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) menjelaskan strategi besar pem...
Kemenkeu: Meterai lama masih dapat digunakan hingga satu tahun
Rabu, 30 September 2020 - 20:07 WIB
Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo menyatakan bea meterai yang lama...
Mentan minta Aceh optimalkan sektor pertanian
Rabu, 30 September 2020 - 18:10 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo meminta pemerintah daerah di Aceh, baik provinsi m...
Rupiah spot ditutup menguat 0,10% ke Rp 14.880 per dolar AS hari ini 
Rabu, 30 September 2020 - 17:28 WIB
Rupiah spot ditutup pada level Rp 14.880 per dolar Amerika Serikat pada akhir perdagangan Rabu (30/9...
Hari ini, IHSG turun tipis 0,19% ke 4.870 di akhir kuartal ketiga
Rabu, 30 September 2020 - 17:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari terakhir kuartal ketiga dengan penuru...
Anggota Komisi VI: Pembubaran 14 BUMN bukan kegagalan Kementerian BUMN
Rabu, 30 September 2020 - 13:12 WIB
 Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menilai bahwa rencana pembubaran 14 Badan Usaha Milik Nega...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV