Wakil Ketua MPR minta ekonomi di desa diperkuat atasi ancaman resesi
Elshinta
Senin, 10 Agustus 2020 - 12:24 WIB |
Wakil Ketua MPR minta ekonomi di desa diperkuat atasi ancaman resesi
Ilustrasi. Sumber Foto: https://bit.ly/2XJUHcK

Elshinta.com - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid meminta pemerintah memperkuat perekonomian di pedesaan karena diyakini langkah itu bisa mengatasi ancaman resesi dan pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen yang menimpa Indonesia.

"Di desa banyak potensi yang belum dimaksimalkan, desa yang subur menyimpan potensi sumber daya alam dan tumbuhan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pohon seperti kopi, cengkeh, tembakau, lada, rempah-rempah, dan lain sebagainya, tumbuh di sana dan dikelola oleh masyarakat," kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Senin (10/8).

Dia menilai apabila potensi pedesaan seperti itu lebih disentuh dan diperhatikan pemerintah, maka desa akan menjadi pusat perekonomian masa depan dan juga daerah pesisir yang kaya dengan sumber daya kelautan. Politisi PKB itu mendorong potensi yang ada di desa dan pesisir dikelola secara profesional misalnya dengan serius mendirikan dan mengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar ada nilai tambah dan menyerap tenaga kerja dari masyarakat.

Jazilul yang akrab dipanggil Gus Jazil itu menceritakan, saat dirinya mengunjungi Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, di sana banyak Bumdes yang mengelola kopi olahan perkebunan rakyat. "Bumdes yang ada mampu mengelola kopi yang dipetik dari perkebunan hingga dipasarkan di warung Bumdes di lokasi tempat wisata. Langkah seperti itu yang perlu dicontoh dan ditiru oleh desa-desa yang lain," ujarnya.

Dia mengakui bahwa sejumlah Bumdes yang ada masih kekurangan peralatan dan sumber daya manusia karena itu perlu peran pemerintah untuk memberdayakan. Menurut dia, Kementerian terkait harus bersama dengan pemerintah daerah membantu dan mendorong agar mereka lebih profesional dalam mengelola dan menggerakkan potensi desa.

Dia mengatakan pemerintah harus melatih bagaimana Bumdes mampu mengemas produk dan membuka jaringan distribusi perdagangan, selain sering diikutkan dalam pameran produk unggulan, juga dilatih bagaimana menjual produk melalui daring. "Teknologi informasi sekarang sudah masuk ke pelosok-pelosok pedesaan. Media sosial seperti facebook, youtube, twitter, instagram, dan lain sebagainya juga sudah diakrabi semua orang termasuk orang desa. Melalui lewat media sosial seperti itu, produk desa bisa dipasarkan," katanya.

Gus Jazil mengatakan, cara memasarkan melalui media daring itu sangat efektif misalnya kopi dari Ende dan Bajawa, Flores, cepat diketahui masyarakat dimana saja ketika sudah terunggah di media sosial. "Kopi dari Flores disebut memiliki rasa yang khas, tinggal bagaimana Bumdes yang dibina pemerintah memanfaatkan peluang itu," ujarnya.

Dikutip Antara, ia menilai, memberdayakan perekonomian pedesaan melalui Bumdes tidak banyak mengalami kendala karena masyarakat pedesaan kental dengan sikap gotong royong dan keterbukaan. Menurut dia, masyarakat pedesaan mudah menyerap nilai-nilai baru yang dirasa bisa memberdayakan potensi diri dan desa, dalam bekerja pun mereka menerapkan nilai-nilai kegotongroyongan.

Nilai-nilai gotong royong yang ada di desa menurut Jazilul Fawaid perlu untuk terus dirawat, dilestarikan, dan dikembangkan. "Sikap gotong royong dan keterbukaan serta potensi yang melimpah yang membuat saya yakin masa depan perekonomian ada di desa," katanya. (Ank)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
26 September 1997 Pesawat Garuda Indonesia jatuh di Deli Serdang
Sabtu, 26 September 2020 - 11:24 WIB
26 September 1997 Pesawat Garuda Indonesia jatuh di Deli Serdang
 KKP dorong Tulungagung Jatim jadi wisata patin terintegrasi
Sabtu, 26 September 2020 - 09:57 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjadi daerah desti...
Teten dorong pengembangan UMKM pariwisata di KEK Likupang Sulut
Sabtu, 26 September 2020 - 06:17 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pengembangan UMKM yang bergerak di sektor pariwisat...
Jaga ketahanan industri, Kemenperin siap evaluasi kebijakan selama pandemi 
Jumat, 25 September 2020 - 21:48 WIB
Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang selama ini berperan penting dalam menopang pert...
Posisi investasi internasional Indonesia 25,7
Jumat, 25 September 2020 - 20:11 WIB
Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia pada triwulan II 2020 mencatat kewajiban neto yang me...
Disparekraf DKI gelar Festival Jajanan Jakpreneur secara online 
Jumat, 25 September 2020 - 19:47 WIB
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menggelar bazar online bertema \'Festiva...
Dekranas gandeng Pertamina bawa UKM jadi pemenang
Jumat, 25 September 2020 - 19:11 WIB
Visi Pertamina untuk menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia diiringi dengan pelaksanaan t...
IHSG ditutup menguat 2,13% ke 4.945,79 hari ini
Jumat, 25 September 2020 - 18:26 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan terakhir pekan ini setelah turun...
Bangkit, rupiah ditutup menguat 0,11% ke Rp14.873 per dolar AS pada hari ini 
Jumat, 25 September 2020 - 18:12 WIB
Nilai tukar rupiah di pasar spot akhirnya bangkit di akhir perdagangan hari ini. Jumat (25/9), rupia...
Penyangga pangan Jawa Timur krisis pupuk
Jumat, 25 September 2020 - 17:27 WIB
Desakan kebutuhan pupuk di kabupaten Lumajang Jawa Timur secepatnya dipenuhi karena mengancam rapuhn...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV